Saturday, October 27, 2012

Sekilas mengenai sejarah animasi Jepang

Jika kita menyangka bahwa sejarah animasi modern di Jepang dimulai sejak era 60-an, yaitu pada era Tetsuwan Atom, anggapan itu tentunya meleset. Video  ini menyajikan fakta bahwa sejak awal abad 20, mengikuti perkembangan animasi dunia, lembaran sejarah animasi di Jepang telah dibuka. Beberapa judul anime di sini merupakan judul-judul yang mewakili zamannya masing-masing. Kita dapat memperhatikan juga beberapa tema yang berkembang, seperti contohnya superhero/ heroine (Tetsuwan Atom, Gatchaman, Sailor Moon); fabel (Jungle Taitei); keluarga/anak-anak (Sazae-San, Doraemon) ataupun Majokko/ Penyihir Cilik (Mahou Tsukai Sally), merupakan tema-tema yang genrenya kembali muncul baik dengan judul sama maupun berbeda hingga abad 21. Dari sudut pandang cultural studies, tentunya hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kelahiran sebuah hasil budaya, pasti memiliki kaitan dengan budaya sebelumnya.

Ini adalah video lain yang menunjukkan perjalanan animasi Jepang dari masa ke masa (khusus TV Anime).

3 comments:

  1. Memang rata-rata Anime generasi pra-PD 2 seperti Moving Picture ataupun Imokawa Mukuzo rada luput dari ingatan banyak orang di masa kini termasuk kebanyakan penggemar Anime itu sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tanya ndak? Konsep Moving Picture itu sendiri apa sih? Lalu Konsep ANime itu sendiri apa ya? Apakah kedua konsep tersebut bisa disamakan? Kalau bisa kenapa? Lalu bedanya apa, sampai dibedakan istilah Moving Picture dan Anime?

      Delete
  2. BLOG nya menarik sekali keren banget ka kunjungi yang satu ini yaaa biar kalian ga bingung dalam menentukan masalah GEDGET
    http://zapplerepair.com/perbedaan-antara-lcd-iPhone-original-sama-iPhone-lcd-ori-kaca-palsu.html

    ReplyDelete