Friday, December 28, 2012

POP CULTURE Pelindung Adik Kecil !

Tahukah kamu dengan ungkapan "Ika-No-Osushi" 

(Harfiahnya Sushi Cumi-cumi)?


Ini adalah slogan yang digunakan oleh Dinas Kepolisian untuk menangkal bahaya terhadap anak di bawah umur ketika berada sendiri di ruang terbuka.  Dengan kata lain, pencegahan kejahatan terhadap anak di bawah umur.

Ika-No-Osushi sendiri merupakan singkatan dari:
  • Ika= Ikanai - Ikanai Hito ni tsuite ikanai (Tidak Pergi, dalam hal ini tidak pergi dengan orang asing/ tidak dikenal)
  • No= Noranai  - Shiranai hito no kuruma ni noranai (Tidak Naik, dalam hal ini tidak berkendara dengan orang asing/ tidak dikenal)
  • O= Oogoe o dasu (Berteriak kencang-kencang)
  • Su= Sugu ni nigeru - Sono ba kara sugu nigeru (Segera kabur dari tempat itu)
  • Shi= Shiraseru - Otona no hito ni shiraseru (Beritahu orang dewasa, yang ada di sekitar)

Hal ini pun mendapat perhatian dari penggemar anime, yang menemukan bahwa serial "Ikamusume" juga dipakai dalam mengkampanyekan slogan ini.




Pentingnya mengkampanyekan slogan, atau pesan-pesan layanan publik dengan poster, atau karakter yang menarik sudah menjadi kebiasaan di Jepang. Menarik juga ya, kalau kita pikirkan kenapa pada akhirnya pilihan karakter (yang tadinya maskot standar) ini akhirnya cocok juga dipercayakan kepada si Ika Musume. Soalnya jika berpatokan pada keadaan kaum otaku di Jepang yang bisa dikatakan mulai menyebar di antara orang kebanyakan (dulu sampai sekarang pun masih ada yang mendapat stigma negatif dari masyarakat), walau samar tidakkah terlihat justru dengan karakterisasi semacam ini tersirat sebuah keinginan para otaku untuk melindungi dirinya (dan keluarganya) dari kejahatan, terutama terhadap anak-anak? 

Perlindungan pula-kah terhadap citra kaum otaku yang dulu pernah terkotori oleh Insiden Tsutomu Miyazaki?


Sumber: http://www.sankakucomplex.com/2012/12/27/lolicon-attempts-ika-musume-kidnap/

1 comment:

  1. BLOG nya menarik sekali keren banget ka kunjungi yang satu ini yaaa biar kalian ga bingung dalam menentukan masalah GEDGET
    http://zapplerepair.com/perbedaan-antara-lcd-iPhone-original-sama-iPhone-lcd-ori-kaca-palsu.html

    ReplyDelete